Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Membuka Layanan Laundry Karpet

Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Membuka Layanan Laundry Karpet

March 17, 2021 0 By megaweb

Cara Membuka Bisnis Laundry Karpet

Cara Membuka Usaha Laundry Bisnis Karpet

Cara Membuka Usaha Laundry Bisnis Karpet

Sebagai salah satu opsi pengembangan dari usaha laundry kiloan, laundry karpet juga banyak ditawarkan sebagai layanan tambahan. Nah, mungkin saat ini Anda juga memiliki pemikiran yang sama untuk meningkatkan profit. Layanan laundry seperti ini biasanya digunakan oleh konsumen yang cukup beragam mulai dari rumah tangga, pengelola gedung maupun tempat ibadah.

Hal Yang Perlu Diketahui untuk Membuka Layanan Laundry Karpet

Nah, sebelum menambahkan atau membuka layanan laundry karpet maka ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Diantaranya seputar jenis karpet lantai, cara menentukan tarif, alat yang digunakan dan bagaimana mencucinya. Tentu saja hal ini diperlukan agar Anda dapat membuat perhitungan dan pertimbangan yang tepat. Selain itu, juga untuk menghindari kesalahan cuci yang merusakkan karpet pelanggan.

Jenis Karpet di Pasaran Saat Ini

Ada beberapa jenis karpet yang banyak dimiliki pelanggan saat ini. Masing-masing jenis karpet memiliki karakteristik spesifik dan tak jarang membutuhkan cara penanganan yang bisa saja berbeda. jenis karpet ini diantaranya;

1/. Karpet Polypropylene

Karpet berbahan sintetis ini memiliki tekstur yang halus dan cukup mudah dibersihkan menggunakan air. Karpet ini memiliki ciri warna yang mudah pudar dan bisa luntur. Dengan serat benang yang rapuh dan mudah lepas, karpet ini cenderung lebih tipis dibanding karpet lain pada umumnya.

2/. Karpet Nilon

Karpet nilon menggunakan bahan plastik sehingga cukup mudah untuk dibersihkan menggunakan air. Karpet ini biasanya digunakan di kantor-kantor dan dapat diperbaiki dengan mudah jika terjadi kerusakan pada bagian tertentu.

3/. Karpet Sisal

Karpet ini berbeda dari kedua jenis karpet di atas dan rentan mengalami kerusakan jika terkena air. Karpet ini menggunakan serat yang terbuat dari tumbuhan dan untuk membersihkannya, Anda perlu menggunakan vacuum cleaner untuk menghindari kerusakan pada seratnya.

4/. Karpet Viskose

Karpet ini memiliki tekstur menyerupai bahan sutra namun sejatinya dibuat menggunakan bahan sintesis yang memang dibuat menyerupai bahan sutra.

5/. Karpet Sutra

Karpet mewah ini biasanya hanya dimiliki oleh pelanggan dari kalangan ekonomi kelas atas saja. dengan warna, motif dan pola yang memang berkualitas, bahan karpet ini memang sangat kuat. namun bahan ini akan menjadi rapuh apabila terkena air.

6/. Karpet Wol

Dibuat menggunakan bahan wol, karpet ini memiliki handfeel yang terasa nyaman dan lembut. Dan untuk membersihkan karpet jenis ini, Anda bisa menggunakan  penyedot debu.

7/. Karpet Kulit

Karpet yang dibuat menggunakan bahan kulit sapi atau kulit domba ini memiliki tekstur lembut dan terasa hangat. Karpet ini termasuk jenis karpet yang sulit untuk dibersihkan apabila sudah terkena kotoran.

8/. Karpet Katun

Karpet yang cukup banyak dimiliki orang ini memang memiliki harga yang terjangkau dan mudah untuk dibersihkan. Dengan serat kapas yang dimiliki, karpet jenis ini ternyata tidak terlalu awet tergolong murah makanya banyak dipakai oleh orang. Karpet ini gampang dibersihkan tapi juga gampang rusak jika terlalu sering diinjak-injak.

Menentukan Harga Laundry Karpet

Lalu bagaimana cara menghitung tarif layanan pencucian karpet yang sesuai berdasarkan jenis karpet di atas? Pada umumnya penentuan harga didasarkan pada jenis treatment yang diperlukan untuk masing-masing jenis karpet dan berapa ukuran karpet yang akan dicuci (per meter persegi). Namun demikian tidak menutup kemungkinan penetuan tarif didasarkan pada pertimbangan lain sesuai kebijakan bisnis.

Harga untuk layanan laundry ini biasanya juga dihitung berdasar ketebalan karpet, dimana makin tebal maka makin mahal pula biaya yang dibayarkan. Harga pasaran juga sangat mempengaruhi harga akhir yang akan dikenakan pada pelanggan. Untuk sekitaran Jakarta contohnya, harga yang dibanderolkan per meter perseginya ada di kisaran Rp 10.000. Menghitung luas karpet bisa dilakukan menggunakan meteran dan dibulatkan. Contoh karpet ukuran 210cm x 160cm akan diukur sebagai 2m x 2m = 4m persegi lalu kalikan dengan tarif yang telah disepakati.

Alat yang Digunakan untuk Mencuci Karpet Laundry

Berikutnya adalah macam-macam alat dan bahan habis pakai untuk laundry karpet. Beberapa macam peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mencuci karpet ini bisa saja disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan, diantaranya;

1/. Sikat

Digunakan untuk membersihkan permukaan karpet usai diguyur air dan shampoo khusus karpet. Alat ini ada yang memiliki gagang menyerupai sapu untuk lebih memudahkan proses pengerjaan.

2/. Shampoo Karpet

Cairan pembersih khusus untuk karpet dan bisa digantikan dengan sabun cair lainnya. Shampoo ini umumnya menghasilkan busa untuk memudahkan mengangkat kotoran serta debu dari permukaan karpet.

3/. Polisher

Alat yang bisa menggantikan proses sikat manual, dengan daya bersih yang lebih baik untuk mengangkat debu maupun bulu-bulu dan rambut yang terjebak di serat karpet.

4/. Sprayer

Alat yang digunakan untuk menyemprotkan air bertekanan tinggi untuk merontokkan kotoran dari karpet.

5/. Alas Karpet

Alas yang biasanya berbahan karet ini memiliki lubang menyerupai pori untuk memudahkan proses pengerjaan cuci karpet. Karpet diletakkan di atas alas karpet sehingga tidak mudah tergelincir.

6/. Spinner

Alat yang digunakan untuk mengurangi kadar air dari karpet dengan cara kerja yang memeras karpet.  Dengan alat ini, proses pengeringan karpet menjadi lebih cepat dan lebih optimal.

7/. Vacuum Cleaner

Alat ini digunakan untuk menyedot debu maupun sisa kotoran yang mungkin masih tersisa setelah proses pencucian.  Wet & dry vacuum cleaner dapat digunakan menyedot debu dan sekaligus dapat menurunkan kadar air.

8/. Plastik Karpet

Kemasan untuk mengepack karpet yang sudah selesai dicuci agar deb dan kotoran tidak mudah menempel kembali ke karpet.

9/. Silica

Produk yang digunakan untuk menekan kadar kelembaban di dalam plastik karpet. Dengan menambahkan beberapa cilica gel dalam plastik karpet, dapat mencegah timbulnya jamur dan bau tidak sedap pada karpet.

Cara Mencuci Karpet

Pada dasarnya ada 2 macam cara utnuk mencuci karpet laundry, yaitu cara manual dan otomatis. Cara manual adalah dengan menyemprot lalu menyikatnya dengan tenaga manusia identik untuk karpet yang memerlukan penanganan khusus. Selain itu, cara manual juga sering dipilih oleh laundry pemula yang masih terbatas pada modal. Sementara cara otomatis dikerjakan menggunakan mesin. Penggunaan mesin ini juga harus didasarkan pada jenis karpet dan diinformasikan terlebih dahulu kepada pelanggan.

Perlu diperhatikan kekuatan anyaman dari serat benang karpet, utamanya di bagian tepi (jurai-jurai benang). Kenali pula karpet yang sangat rapuh untuk dicuci, atau sebisa ungkin hindari mencuci karpet seperti ini karena sangat beresiko bagi reputasi laundry Anda.

Langkah untuk mencuci karpet secara manual antara lain;
  • Bentangkan karpet di atas lantai kemudian hilangkan debu menggunakan vacuum cleaner.
  • Gantung karpet di tempat jemuran atau jika tidak ada jemuran, tetap bentangkan karpet tersebut di atas lantai.
  • Semprotkan air dingin menggunakan selang atau alat penyemprot bertekanan agar kotoran lebih mudah dihilangkan.
  • Gunakan shampo karpet, sabun ataupun deterjen untuk mencuci karpet lalu sikat bagian yang kotor dengan lembut untuk menghindari rusaknya serat karpet.
  • Bilas karpet dengan mengguyurkan air agar kotoran bisa terbawa oleh alirannya. Lanjutkan hingga tidak ada lagi buih sabun atau kotoran yang terlihat pada karpet.
  • Tambahkan bahan pelembut (softener) yang dilarutkan ke air dingin sesuai kebutuhan pada bilasan terakhir.
  • Keringkan gantung karpet di tempat teduh dengan sirkulasi udara yang baik karpet. Hindari menjemur karpet secara langsung di bawah terik sinar matahari yang dapat membuat bulu karpet menjadi kasar.
  • Setelah kering, bentangkan karpet di lantai, taburkan baking soda lalu diamkan beberapa menit untuk menghilangkan bau dan menyerap sisa kelembaban. Setelah dirasa cukup, sedot baking soda menggunakan vacuum cleaner.
  • Sikat bulu karpet (jika perlu) untuk membuatnya kembali berdiri dan terasa lembut. Selanjutnya gulung dan masukkan dalam plastik karpet yang sudah diberi beberapa silica gel.

Sementara langkah mencuci dengan mesin sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Hanya saja proses washing tidak dilakukan dengan tenaga manusia dan dikerjakan oleh mesin. Pada tahap awal, Anda cukup menghilangkan debu dan kotoran sebelum memasukkan karpet ke mesin cuci. Tahap pengeringan dan finishing yang dilakukan juga tak jauh berbeda.

Menyediakan layanan yang lebih lengkap pada bisnis tentu saja menjadi nilai plus yang juga bisa bermanfaat bagi pelanggan. Selain halnya mencucikan baju, mereka juga bisa sekaligus membersihkan karpet yang rawan debu dan menjadi sarang bakteri. Besar kemungkinan setiap pelanggan laundry Anda memiliki lebih dari satu karpet di rumah mereka. Jadi, mengapa tidak Anda manfaatkan peluang ini? Begitulah beberapa cara membuka bisnis laundry karpet (ambal) semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian ya.