Cara Bisnis Laundry Sepatu, Bisakah Sukses? Mengapa Tidak?

Cara Bisnis Laundry Sepatu, Bisakah Sukses? Mengapa Tidak?

March 15, 2021 0 By megaweb

Bisnis Laundry Sepatu, Mengapa Tidak?

Belakangan ini, bisnis laundry sepatu menjadi semakin populer di Tanah Air. Dengan jumlah pemain yang masih belum signifikan, tingkat permintaan jasa cuci sepatu justru semakin meningkat seiring waktu. Tentu saja, hal ini bisa dilihat sebagai peluang jika Anda mampu membaca kondisi di lokasi sekitar. Yang jelas, bisnis ini belum begitu kompetitif dan mudah untuk dimenangkan. Lantas, apa saja yang bisa Anda pertimbangkan  untuk ikut meramaikan jenis bisnis ini?

Laundry Sepatu Palembang

Laundry Sepatu Palembang

Mengenal Usaha Laundry Sepatu dan Potensinya

Masih sedikitnya pelaku bisnis laundry sepatu di Indonesia memang menjadi alasan utama mengapa usaha ini menawarkan prospek yang menjanjikan. Namun demikian, ada pula beberapa hal lain yang juga layak untuk Anda pertimbangkan untuk memantapkan niatan Anda membuka usaha laundry sepatu. Beberapa hal yang dimaksud ini antara lain;

Tren Sepatu Mahal

Peminat sepatu mahal memang sudah bukan sekedar kalangan pesohor atau remaja kelas atas. Kini generasi milenial sudah melek merek sepatu dengan varian kualitas yang ditawarkan. Tak hanya sepatu bermerek seperti Vans, Nike, Adidas, Asics, Andrew ataupun Aldo saja, semakin banyak sepatu brand lokal yang juga semakin diminati. Harga yang harus ditebus untuk sepatu-sepatu tersebut mulai di kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Dengan harga per pasang yang semahal ini, tentunya para pemilik sepatu ini juga tidak segan untuk mengeluarkan dana lebih untuk merawat koleksi sepatunya. Masing-masing sepatu memiliki karakternya tersendiri, begitu pula dengan cara membersihkannya. Pemilik sepatu mahal ini cenderung mempercayakan perawatan sepatu kepada ahlinya untuk mendapatkan hasil maksimal. Tentu saja layanan laundry sepatu yang dibutuhkan.

Belum Terlalu Meluas

Platform jual beli online memang membuat persebaran sepatu mahal semakin meluas ke berbagai daerah di Indonesia. Ya meskipun masih belum setinggi di kota besar seperti Jakarta, Bandung ataupun di Surabaya, jumlah pemilik sepatu mahal ini tetap saja semakin banyak. Meskipun demikian, layanan laundry sepatu selain di kota besar terhitung masih sedikit. Untuk kota sedng berkembang, mungkin jumlah layanan laundry sepatu ini masih di bawah 5 gerai tiap kotanya.

Dengan kondisi seperti demikian, hal ini bisa menjadi peluang yang sayang dilewatkan. Di kota yang menjadi kawasan bisnis maupun kawasan pendidikan, peluang mendapatkan kesuksesan di laundry sepatu terhitung cukup tinggi. Sementara belum banyak kompetitor, kesempatan mengembangkan bisnis menjadi semakin mudah.

Modal yang Fleksibel

Menariknya lagi, untuk membuka usaha laundry sepatu ternyata tidak menuntut Anda memiliki modal yang sangat besar. Bahkan, Anda sudah bisa memulai usaha ini dengan modal sekitar 3 atau 5 jutaan saja. Anda juga bisa membuka usaha ini di rumah sendiri atau dengan menyewa tempat strategis jika diperlukan.

Selain halnya modal, Anda juga tidak boleh melupakan langkah-langkah memulai bisnis. Anda tetap harus melakukan riset untuk mencari tahu tentang pasar dan sebagainya yang bisa dijadikan haluan menjalankan bisnis. Anda juga harus memiliki pengetahuan tetang cara laundry sepatu mengingat konsumen berharap banyak dari layanan yang ditawarkan oleh binsis Anda.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Laundry Sepatu?

Jika Anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang usaha laundry sepatu ini, lalu bagaimana cara memulainya?  Ya, ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar modal yang Anda keluarkan tidak terbuang sia-sia, diantaranya

Pengetahuan tentang Perawatan Sepatu

Pada umumnya, seorang pemilik laundry sepatu awalnya adalah kolektor sepatu. Seorang kolektor pastinya akan memiliki wawasan lebih tentang cara perawatan sepatu dibanding pemilik sepatu biasa. Sebagai seseorang yang memahami tentang teknik perawatan terhadap barang yang merupakan minatnya, layanan yang diberikan pun pastinya bukan sembarang cuci.

Lalu bagaimana jika Anda bukan seorang kolektor sepatu? Tenang, pengetahuan ini sangat mungkin untuk dipelajari dan dikuasai. Anda bisa mencari informasi tentang perawatan sepatu atau mengikuti kursus shoe cleaning. Yang jelas Anda dan karyawan harus memiliki pengetahuan tentang perawatan sepatu lebih baik dibanding calon konsumen.

Bahan dan Peralatan

Untuk mencuci barang kesayangan pelanggan ini, dibutuhkan bahan pembersih da alat yang spesifik sesuai dengna jenis sepatu yang dikerjakan. Apabila sampai Anda salah, maka resiko kerusakan dan kecacatan sepatu harus siap dihadapi. Komplain dan ganti rugi pastinya menjadi hal yang tidak ingin Anda tanggung.

Begitu pula dengan peralatan untuk membersihkan berikut mesin pengering sepatu yang digunakan. Tidak semua jenis sepatu boleh dibersihkan menggunakan mesin otomatis. Ada beberapa jenis sepatu yang memerlukan perawatan manual agar kualitasnya tetap bertahan seelah pencucian berulang kali. Inilah mengapa tak jarang ada proses laundry yang bisa menghabiskan waktu hingga berminggu-minggu untuk sepasang sepatu saja.

Strategi Pemasaran

Sama halnya dengan bisnis lainnya, laundry sepatu juga memerlukan strategi marketiing yang baik. Pemasaran masih menjadi elemen vital agar bisnis bisa mencapai target komersial sesuai harapan. Tentunya, kesuksesan strategi ini akan ditentukan oleh riset pasar yang Anda lakukan sebelumnya.

Umumnya target konsumen dari usaha laundry sepatu adalah orang yang up to date atas berbagai informasi. Anda pun seharusnya bisa menentukan strategi pemasaran yang lebih spesifik agar lebih efektif. Tak cukup mengandalkan media sosial saja, Anda sebaiknya juga menyebar brosur ke spot potensial misalnya di kampus, kost dan lain sebagainya.

Pelayanan dengan Nilai Lebih

Apabila kompetisi di wilayah Anda tak dapat dihindarkan, maka alternatif untuk memenangkan persaingan adalah dengan memberikan layanan lebih kepada pelanggan. Anda bisa menganalisa kompetitor dan pasar yang menjadi target Anda terlebih dahulu untuk menentukan nilai plus macam apa yang bisa dihadirkan. Temukan apa yang tidak bisa diberikan kompetitor namun dibutuhkan untuk kenyamanan konsumen, misalnya.

Ingat pula bahwa nilai plus ini tidak selalu identik dengan tarif yang lebih murah dibanding tarif kompetitor. Hindari persaingan tidak sehat dengan cara seperti perang tarif. Tetap utamakan kualitas pelayanan misalnya dengan menawarkan layanan antar-jemput sepatu, reward bagi pelanggan loyal dan sebagainya.

Tantangan

Meskipun bisnis ini terkesan sangat menjanjikan, nyatanya tetap ada tantangan yang juga perlu disiapi semenjak dini. Seperti halnya jenis kegiatan bisnis lainnya, Anda akan berhadapan dengan beberapa hal. Dan hal-hal semacam ini bisa diantisipasi sejak awal jika Anda bisa menyadarinya. Kepekaan Anda terhadap bisnis menjadi hal yang perlu diasah.

Untuk saat ini, tantangan yang biasanya dihadapi datang dari kompetitor. Agar dapat menggaet lebih banyak konsumen baru sekaligus mempertahankan loyalitas pelanggan lama, Anda perlu terus menjaga kualitas layanan dan berinovasi. Tentu saja hal ini hanya isa dilakukan dengan analisis yang berkelanjutan dan konsisten.

Tantangan lain juga bisa datang dari konsumen yang biasanya memiliki ekspektasi terlalu tinggi. Mereka berharap tiap sepatu yang dicucikan di tempat Anda akan kembali seperti sepatu baru. Hal ini menuntut kemampuan Anda untuk mengedukasi mereka dimana setiap jenis sepatu memiliki karakternya masing-masing dan mungkin sekali mengalami perubahan kualitas karena pemakaian.

Laundry sepatu masih menjadi ide bisnis yang memiliki peluang menjanjikan  bagi Anda yang memiliki modal terbatas. Tertarik untuk mencoba?